Gunung Kerinci ‘Dimadu’


Gunung Kerinci ‘Dimadu’

Kerinci, GO- Selama ini jalan menuju Gunung Kerinci hanya terdapat satu jalur saja. Yakni di Pelompok Kabupaten Kerinci. Namun informasi beredar bahwa Pemerintah Solok Selatan mengajukan pembukaan jalur menuju Gunung Kerinci.

Hal ini di katakan oleh Zarmianto kepada GO.Ia mengatakan bahwa informasi ini setelah adanya pengajuan permohonan membuka jalan pendakian yang baru menuju arah puncak Gunung Kerinci, yakni di Padang Aro.

“Ini (informasi) bahwa pemerintah Solok Selatan sudah mengajukan permohonan kepada Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) untuk pembukaan jalan pendakian via Padang Aro ini keterangan dari pihak TNKS yang saya terima,” kata Zarmianto menjelaskan, Jum’at (20/1).

Namun demikian Zarmianto menambahkan pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Kerinci tidak tahu menahu soal itu.

“Ketika saya tanya langsung kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Kerinci mereka tidak tahu hal ini. Hanya menyampaikan bahwa Gunung Kerinci bukan tanggungjawab Pemerintah Daerah melainkan kewenangan pihak TNKS,” jelasnya.

Jika pemerintah Solok Selatan benar-benar membuka jalur pendakian ini nanti akan berdampak terhadap wisatawan yang hendak berkunjung ke Kerinci. Maka oleh karena itu kita minta perhatian dari seluruh warga Kerinci baik yang berada di daerah maupun di luar daerah.

“Kita minta perhatian dari sejumlah Himpunan Keluarga Kerinci (HKK) yang berada di luar daerah untuk peduli terhadap Gunung Kerinci ini. Bila memang akan di buka jalur pendakian otomatis akan mengurangi jumlah wisatawan yang hendak berkunjug kesini, dan dampaknya ke provinsi pesona wisata Provinsi Jambi akan melemah,” ujar Zarmianto.

Sementara itu menurut salah satu warga Kayu Aro Suparmi kepada GO membenarkan adanya isu tersebut. “Isu itu memang ada, tapi belum pasti, stawo kato uhang,” ungkapnya. 

 

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments