Wuih... Dana TPA RKE Rp. 2,8 M.


Wuih... Dana TPA RKE Rp. 2,8 M.
Sungai Penuh, GO- Ketua Komisi III DPRD Kota Sungai Penuh heran dengan besarnya anggaran untuk pembuatan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Renah Kayu Embun (RKE).

Timbulnya keheranan Hardizal yang juga Ketua DPC PDI-P Kota Sungai Penuh ini disebabkan anggaran untuk pembangunannya diluar dugaan.

“Saya sangatlah heran, masa untuk membuat TPA RKE itu dananya sebesar Rp. 2,8 Milyar. Sebelumnya saya pernah tanya dengan Irman Djalal (mantan Kadis PU) berapa habisnya membangun itu.. kata Irman paling habisnya Rp 300 juta,” terang hardizal kepada GO di ruang kerjanya kemarin.

Tidak hanya persoalan terlalu besarnya anggaran yang dipertanyakannya, dalam pengganggaran juga janggal. Pasalnya, pembayaran dilakukan setelah dilakukan pekerjaan.

“Saya sangatlah heran.. kok penganggaran itu dilakukan setelah pekerjaan. Berdasarkan aturan ini tidak dibenarkan,” terangnya.

Selain itu, kata dia, RKE tidak cocok dijadikan TPA sebab akan merusak lingkungan. “RKE itu kan daerah pertanian. Dampak lingkungannya memang tidak kita rasakan sekarang ini. Kedepannya nanti akan berdampak buruk bagi pertanian masyarakat disana,” tegasnya.

Tidak hanya itu, sebelum dibuat TPA semestinya dikaji dan dibuat amdalnya. “Sampai sekarang ini saya tidak pernah melihat amdalnya. Apakah TPA itu sudah punya amdal. Jangan main dengan lingkungan itu bisa di pidana karena sudah diatur dalam Undang Undang tentang lingkungan yaitu Undang Undang nomor 32 tahun 2009 tentang lingkungan hidup," ujarnya. fyo

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments