Hasil Survey, Pemilih Kerinci Mudik Tak Mau Pilih Cabup Asal Kerinci Hilir


Hasil Survey, Pemilih Kerinci Mudik Tak Mau Pilih Cabup Asal Kerinci Hilir
 
Kerinci, GO- Meski sejumlah tokoh masyarakat Kerinci Hilir sudah membulatkan tekatnya untuk memajukan satu tunggal di Pilbup Kerinci mendatang, bukanlah jaminan cabup asal Kerinci Hilir akan memenangi Pilkada.
 
Pasalnya, berdasarkan hasil rilis survey Idea Instutude, pemilih yang berasal dari Kerinci Mudik ternyata tidak mau memilih Cabup asal Kerinci Hilir. Ini terjadi sebaliknya, pemilih asal Kerinci Hilir sangat terbuka untuk memilih Cabup asal Mudik.
 
“Berdasarkan hasil survey yang telah kita lakukan, ternyata pemilih di Kerinci Mudik tidak mau memilih calon yang berasal dari Kerinci Hilir. Ini berbeda sekali dengan pemilih asal Kerinci Hilir. Pemilih asal Kerinci sangat terbuka untuk memilih Cabup asal Kerinci Mudik,” terang Direktur Lembaga Survey Idea Institude Jafar Ahmad.
 
Dijelaskannya, perbedaan sikap politik itu terjadi karena pemilih asal Kerinci Mudik sudah tahu manfaat dari politik kekuasaan itu sendiri bagi diri mereka. Sedangkan, masyakat Kerinci Hilir sebaliknya tidak begitu mengetahui manfaat dari politik tersebut.
 
Hal lainnya, perbedaan itu bisa disebabkan, masyarakat Kerinci Hilir dihuni oleh berbagai macam suku. “Terjadinya perbedaan itu bisa disebabkan Kerinci Hilir ini masyarakatnya Heterogen, sedangkan di Kerinci Mudik masih satu suku,” terangnya.
 
Ditambahkannya, meski pemilih Kerinci Mudik tidak mau memilih cabup Kerinci Hilir, namun Cabup Kerinci Hilir tidak perlu berkecil hati. Sebab, berdasarkan Survey, Cabup asal Kerinci Hilir masih bisa memperoleh suara dari Kerinci Tengah dan Kayu Aro.
 
“Pemilih Kerinci Tengah lebih condong memilih Cabup asal Kerinci Hilir. Demikian juga pemilih keturunan Jawa Kayu Aro yang juga besar mata pilihnya juga bisa didapatkan raih suaranya,” terang Jafar yang merupakan calon Doktor ilmu politik Universitas Indonesia. (fyo)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments