Survei Cabup Asal Kerinci Hilir Zainal Tertinggi, Herman Terendah


Survei Cabup Asal Kerinci Hilir Zainal Tertinggi, Herman Terendah
Kerinci, GO- Lembaga Survei IDEA Institude merilis survey calon Bupati Kerinci yang berasal dari Kerinci Hilir. Adapun nama-nama calon Bupati yang disurvey adalah Hasani Hamid, M Rachman, Dasra, Herman, Candra Purnama dan Zainal Abidin. Dari enam nama yang disurvey, Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin dengan elektabilitas 26 pesen dengan populeritas (dikenal masyarakat) sebesar 75 pesen.

Kemudian, Dasra dan Candra Purnama dengan elektabilitas 7 persen. Dasra memperoleh populeritas 40 persen dan Candra Purnama sebesar 36 persen. Sedangkan dua mantan Wakil Bupati Kerinci Hasani Hamid dan M Rachman masih populer atau dikenal oleh masyarakat Kerinci. Hasani Hamid dikenal 60 persen masyarakat Kerinci dan M Rachman dikenal 39 persennya. Untuk elektabilitas, Hasani memperoleh 5 persen dan M Rachman 2 persen.

Pendatang baru di Pilkada Kerinci, Ir Herman yang saat ini menjabat Kadis Penyuluhan Pertanian Kota Sungaipenuh, populeritasnnya hanya 15 persen dengan elektabilitas 1 persen. Direktur Lembaga Survey Idea Institude Jafar Ahmad menjelaskan, survey dilakukan dengan 600 responden yang tersebar diseluruh Kecamatan dan 147 Desa dengan sistim acak dengan margin error 4 persen.

Dalam melakukan survey, kata dia, Idea Institude membagi lima dapil yang dilakukan selama 4 hari, mulai tanggal 13,14,15 dan 16 Maret 2017. Dan hanya dilakukan untuk calon yang berasal dari Kerinci Hilir saja.

“Kita tidak melalukan survey untuk calon keseluruhannya. Survey ini hanya dilakukan untuk calon dari Kerinci Hilir saja dan sesuai dengan permintaan dari tokoh masyarakat Kerinci Hilir,” tegasnya Paska dirilisnya hasil survey, diapresiasi oleh sejumlah balon Bupati dari Kerinci Hilir.

Mereka menjadikan Survey sebagai acuan saja. Ir Herman mengungkapkan, survey pertama yang dilakukan merupakan acuan dalam melangkah kedepannya. “Survey yang dilakukan ini adalah wajar. Memang populeritas saya dimasyarakat masih rendah . Saya sendiri di Kerinci baru 5 tahun 2 bulan dan itupun tinggal di Kota Sungai Penuh. Memang saat ini ada baliho saya yang tersebar di beberapa titik dan itupun bukan dari saya, melainkan dibuat oleh masyarakat yang simpatik terhadap saya. Saya sendiri hingga sejauh ini belum ada membuat baliho,” tegasnya.

Guna menambah elektabilitas dan populeritas, Herman yang telah lama mengabdi di Sarolangun dan Merangin ini akan terjun langsung kemasyarakat “Kedepan, saya akan terjun langsung mensosialisasikan dan menemui langsung ke tengah-tengah masyarakat Kerinci,” terangnya.

Hasani Hamid mengungkapkan, survey yang dilakukannya ini merupakan survey awal untuk melihat elektabilitas calon Bupati dari Kerinci Hilir. Hasani merupakan Mantan Wabup Kerinci yang sudah memastikan tidak maju di Pilkada Kerinci ini mengungkapkan, survey tersebut bertujuan untuk mencari calon Bupati Kerinci dari Kerinci Hilir yang benar – benar di kehendaki rakyat.

“Ini merupakan tahap awal, silakanlah bagi calon Bupati Kerinci Hilir untuk bersosialisasi ketengah – tengah masyarakat, guna meningkatkan elektabilitas dan populeritasnya di masyarakat. Nanti akan dilakukan survey kembali sehingga pada waktunya nanti, kita mendapatkan satu calon Bupati Kerinci yang benar-benar dihendaki rakyat dan itulah yang kita dukung dari Kerinci Hilir,” terangnya (fyo)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments