Tomas Minta Gubernur Tak Keluarkan Izin Galian C Siulak Deras


Tomas Minta Gubernur Tak Keluarkan Izin Galian C Siulak Deras
Kerinci, GO- Dalam rangka antisipasi warga terhadap aktivitas tambang C, sejumlah tokoh masyarakat (Tomas) menggelar musyawarah dan mufakat. Musyawarah tersebut berkenaan dengan banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Siulak Deras Mudik Kecamatan Gunung Kerinci Kabupaten Kerinci.
 
Berdasarkan hasil musyawarah Tokoh Masyarakat kelurahan Siulak Deras Mudik pada tanggal 10 Mei 2016 dalam rangka menyikapi tuntutan dan laporan masyarakat yang berkenaan dengan terjadinya banjir bandang meminta agar Gubernur Jambi tidak mengeluarkan izin galian C tesebut.
 
Dari Januari hingga Mei 2016 telah terjadi lima kali banjir bandang yaitu di Sungai Tuak, Sungai Sikabu, Sungai Batang Merao, dan Sungai Subadak Siulak Deras. Dampak banjir tersebut menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

“Kerugian atas kejadian banjir bandang tersebut, rusaknya saluran irigasi, lahan persawahan masyarakat, jalan usaha tani, dan rusaknya tiga jembatan yang menghubungkan dua Desa,” kata Joni Efendi kepada GO.
 
Tidak hanya itu, kerusakan juga terjadi pada rumah warga yang dilalui banjir, tercemarnya aliran sungai Batang Merao sampai di Danau Kerinci, serta kerusahan pada aliran air bersih PDAM.
“Kerusakan juga terjadi pada aliran pipa PDAM. Lebih parahnya lagi jatuhnya korban nyawa dua orang warga Sungai Tuak,” sebutnya.
 
Sumber lainnya juga mengatakan, galian C juga diduga sebagai penyebab terjadinya banjir bandang. “Terjadinya banjir bandang beberapa waktu lalu salah satu penyebabnya adalah banyaknya galian C yang tidak memenuhi persyaratan serta penambangan liar yang terkesan dibiarkan oleh Pemkab Kerinci,” sebutnya.
 
Gubernur Jambi diminta untuk tidak mengeluarkan izin usaha tambang itu, karena dinilai berdampak negatif terhadap lingkungan ekosistem di Kerinci.
 
“Untuk itu kami masyarakat kelurahan Siulak Deras menuntut dan memohon kepada bapak Gubernur Jambi untuk tidak mengeluarkan izin beroperasinya seluruh Galian C. Dalam laporan tersebut ditandatangani oleh ratusan warga kelurahan Siulak Deras dan dan Siulak Deras Mudik Kecamatan Gunung Kerinci Kabupaten Kerinci,” ungkapnya lagi.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments