Mengakibatkan Bencana, Dewan Minta Galian C Ditutup




Mengakibatkan Bencana, Dewan Minta Galian C Ditutup
 
Kerinci, GO- Usaha pertambangan galian C yang berlokasi di Sungai Cubadak Desa Siulak Deras Mudik Kecamatan Gunung Kerinci Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi Senin (9/1) yang mengakibatkan longsor sejumlah anggota DPRD Kabupaten Kerinci berang. 

Akibat dari longsor tersebut belasan mobil dam truck pengangkut bahan material dan dua unit mobil pribadi serta satu unit exavator tertimbun bukit yang runtuh. 

Berdasarkan informasi dari masyarakat Siulak Deras tambang galian C tersebut milik Salah satu Anggota DPRD yang dikelola oleh anaknya Putra Apri Remon. 

Ketua Komisi III DPRD Kerinci, Elyusnadi, S. Kom, M.si Ketika dikonfirmasi GO mengutuk keras Galian C yang ada di Siulak Deras. Karena diduga tidak memiliki izin. Dirinya meminta kepada pihak berwajib agar secepatnya menutup Galian C Illegal tersebut. 

“Sebelum menelan korban, ada baiknya galian C yang tidak memiliki izin ditutup saja. Karena tidak menyumbang PAD Pendapatan Asli Daerah (PAD) buat Kabupaten Kerinci" ungkapnya, Minggu (15/1).
 
Selain itu ia meminta pada dinas terkait Provinsi Jambi untuk segera turun ke lokasi tambang galian C Kabupaten Kerinci, agar dapat mendata seluruh Galian c yang ada.
 
“Mana yang sudah ada izin mana yang belum silakan di data kembali. Apalagi terkait masalah izin tambang adalah kewenangan Provinsi,” ujarnya.

Ditegaskannya, Akibat terjadinya longsor salah satunya dikarenakan hutan telah gundul akibat dari pengerokan bukit yang terus menerus.

“Dampak yang di timbulkan dari usaha galian c mengganggu habitat serta lingkungan masyarakat sekitar,” tegasnya.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments