Mengenal CMS (Content Management System) Untuk Membuat Website

CMS (Content Management System) merupakan sebuah software web yang bertujuan untuk memudahkan dalam mengelola konten dalam sebuah website tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman. CMS ini tentu sangat membantu bagi teman-teman pemula atau orang awam sekalipun dapat membuat sebuah website yang jadi dan tinggal mengelola web tersebut.
Dalam Content Management System, manajemen file-file sangat terstruktur, setiap elemen antara isi dan tampilan desainnya terpisah. CMS dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis web seperti website perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas, portal, galeri foto, aplikasi e-commerce / Toko Online, mengelola blog, dan lain sebagainya. Saat ini CMS telah berkembang pesat, banyak sekali macam-macam CMS diantaranya :
  1. CMS WordPress. Yaitu sebuah CMS yang dikategorikan sebagai CMS jenis blog, akan tetapi banyak sekali berbagai developer yang menggunakan CMS ini untuk membuat sebuah website. CMS WordPress ini selain user friendly, juga memiliki berbagai fitur dan layanan yang banyak, CMS ini juga didukung berbagai komunitas yang sudah menyebar luas.
  2. CMS Joomla, Mayoritas CMS Joomla digunakan untuk membuat sebuah website company profile, personal, web sekolah, hingga took online. CMS ini di khususkan untuk membangun website yang powerfull. CMS ini lebih komplek dari CMS WordPress dan memang system manajemennya pun sedikit lebih rumit.
  3. CMS Drupal, Dengan CMS ini kita bisa membuat berbagai jenis web dari membuat blog sederhana sampai dengan forum online dengan komunitas yang besar. Desain CMS ini memang tidak sebagus Joomla, akan tetapi CMS ini sangat mudah untuk di customize. CMS ini juga memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti search tool dan search engine friendly URL, dan aggregator berita.
  4. Aura CMS. Merupakan CMS buatan anak Indonesia, akan tetapi CMS ini masih memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan CMS yang lain. Meskipun begitu, jika kita mampu mengembangkan CMS ini, hasilnya akan setara dengan CMS yang sudah populer saat ini.
  5. CMS Opencart, Yaitu CMS khusus untuk membuat sebuah took online. CMS ini sudah banyak digunakan oleh berbagai personal maupun developer dalam membangun took online. CMS ini sudah lengkap, karena memang di khususkan untuk e-commerce. Namun CMS ini memiliki kekurangan dari sisi SEO, akan tetapi untuk manajemen kontennya CMS ini cukup mudah.
  6. CMS Prestashop, CMS ini juga dikhususkan untuk e-commerce atau took online dengan mudah.
  7. CMS Moodle, CMS ini merupakan instansi sekolah, ialah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi e-learning. CMS ini sudah memiliki berbagai fitur e-learning yang sangat lengkap, mulai dari online test, forum, dan fitur lainnya. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit dan memerlukan pemahaman tentang cara penggunaannya.
Sebenarnya masih banyak berbagai CMS lain selain CMS yang disebutkan di atas, dan memang itu hanya sebagian CMS dari sekian banyaknya CMS yang ada, akan tetapi CMS yang disebutkan diatas ialah CMS yang paling banyak digunakan.

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments